[Tips] Dialplan Untuk Pak Boss

Latar Belakang

Ceritanya, di sebuah instansi, terdapat 5 orang direktur yang masing-masing memiliki sekretaris sendiri. Para direktur ini tidak mau nomer bisa didial langsung dari IVR maupun dari ekstensi selain ekstensi masing-masing sekretarisnya. Jika ada yang mendial nomer ekstensi salah satu direktur, jika bukan dari ekstensi sekretarisnya, maka panggilan akan terlebih dahulu diarahkan ke nomer ekstensi sekretarisnya, baru kemudian bisa ditransfer ke nomer direktur tersebut.

Caranya?

Berikut ini adalah cara yang sudah saya coba di distro Asterisk. Di dalam distro tersebut, secara default semua ekstensi masuk ke context from-internal. Untuk nomer ekstensi sekretaris dan direktur, saya masukkan semua sebagai context tersebut. Selain itu, saya buatkan context khusus supaya tidak bisa melakukan panggilan langsung ke nomer ekstensi direktur. Sebelumnya saya pernah membuat script untuk memblokir panggilan keluar dengan nama context from-internal-restricted yang bisa dibaca di http://www.otakudang.org/?p=300 . Kali ini saya akan mengembangkan context tersebut untuk memblokir panggilan langsung ke ekstensi tertentu dan membelokkan ke ekstensi lain.

Dalam contoh ini, nomer ekstensi direktur (misal) 6666 dan nomer sekretaris adalah (misal) 6015. Edit context from-internal-restricted (yang sudah include dengan script restricted.sh) menjadi seperti berikut:

[from-internal-restricted]
 #exec /var/lib/asterisk/bin/restricted.sh
 exten => 6666,1,NoOp()
 same => n,GotoIf($[${CALLERID(num)} = 6015]?dial1:dial2)
 same => n(dial1),Dial(SIP/6666)
 same => n,Hangup()
 same => n(dial2),Dial(SIP/6105)
 same => n,Hangup()

Arti dari dialplan di atas adalah, jika caller id penelpon adalah 6015 (nomer ekstensi sekretaris), maka rule dial1 yang akan dieksekusi, yaitu mendial SIP/6666 nomer ekstensi direktur). Jika nomer penelpon bukan nomer ekstensi sekretaris (6015), maka rule dial2 yang akan dieksekusi, yaitu mendial SIP/6015 (nomer ekstensi sekretaris).

Selamat mencoba!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>