Beralih Dari Elastix

 

Awal tahun 2017 ini agak dikejutkan dengan berita dari pengembang Elastix. Setelah sekian tahun menggunakan distro ini, saya mulai nyaman, hingga akhirnya mereka beralih dari Asterisk ke 3CX. Dari yang sempat saya ketahui, ada berita simpang siur mengenai patent infringement, di mana pihak Elastix mengklaim telah dituduh melakukan pelanggaran hak cipta kepada Sangoma dan Digium, walaupun mereka tidak mengatakan hak paten yang mana yang telah dilanggar. Sedangkan keterangan CEO-nya (bisa dibaca di tautan yang saya sertakan di bawah), sedikit agak berbeda. Jadi mana yang benar saya sendiri tidak yakin.

Elastix sendiri menyatakan bahwa Elastix ver 4.0 dan 2.5.x masih bisa didownload dan digunakan sampai beberapa waktu ke depan, tetapi support pengembangannya akan dihentikan sesegera mungkin karena mereka sedang beralih ke engine 3CX.

Saya sendiri belum mencoba langsung bagaimana Elastix 5 dengan engine 3CX ini. Mungkin jika ada waktu senggang akan saya coba untuk ngoprek. Karena saya yakin pasti ada hal yang menarik, seperti, misal, bahwa 3CX memiliki mobile apps (Android & IOS) yang cukup bagus. Tapi ya ada kurangnya juga sih. Free license untuk 25 user, lebih dari itu harus beli license. Tidak support card analog (per saya baca terakhir), jadi untuk panggilan ke PSTN harus melalui SIP trunk ke VoIP gateway, forced digit number, yang menyebabkan kita tidak bisa memiliki ekstensi dengan panjang yang bervariasi, dan lain sebagainya.

Apa pun alasannya, saya memutuskan untuk tidak menggunakan Elastix lagi ke depan. Bahkan ada rencana saya hendak mengganti semua instalasi Elastix di kantor dengan distro AsteriskNow. Pertimbangan saya gampang saja, AsteriskNow digarap langsung oleh Digium, pembuat Asterisk. Dan kemungkinan mereka menjaga distro ini untuk tetap gratis karena hal inilah yang membuat komunitas pengguna Asterisk menjadi besar seperti sekarang ini.

Untuk mengetahui berita berkatian dengan pindahan engine Elastix dari Asterisk ke 3CX bisa dibaca di link berikut ini:

Edgar Landivar’s Perspective on Elastix – 3CX Changes

Announcement re Elastix 4 & Elastix MT

 

3 thoughts on “Beralih Dari Elastix

  1. bagaimana dgn brikerbox , dan knp asterisknow, jujur saya tertarik atas comment pak godril , sy lgi coba ippbx tuk diaplikasi dirumah melalui indihome, sudah install brikerbox 2.0 . Maka dari itu saya kiblat ke pak godril . :).

    • Saya juga kepikiran ngoprek Brikerbox karena ini merupakan produk dalam negeri, mungkin nanti masuk agenda dioprek juga sih. Untuk alasan kenapa ke AsteriskNow, sudah saya tulis juga di atas mas.

      Quote

      “AsteriskNow digarap langsung oleh Digium, pembuat Asterisk. Dan kemungkinan mereka menjaga distro ini untuk tetap gratis karena hal inilah yang membuat komunitas pengguna Asterisk menjadi besar seperti sekarang ini.”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>