Mencoba Microsoft Teams SIP Gateway dengan IP Phone Yealink T21P E2

Per November 2021, Microsoft Teams mengumumkan fitur resmi SIP Gateway yang memperbolehkan perangkat telepon SIP untuk dapat melakukan panggilan Teams. Perangat telepon SIP yang didukung masih terbatas, tapi lumayan lah untuk membantu migrasi awal ke Teams, jika tidak ingin membeli Microsoft Teams certified IP Phone yang harganya relatif cukup tinggi untuk saat ini.

Perangkat telepon SIP lama yang didukung pun masih terbatas dari produsen Cisco, Poly, AudioCodes dan Yealink. Untuk tipe-tipe dan firmware yang didukung pun dapat dilihat daftarnya di tautan ini:

https://docs.microsoft.com/en-us/microsoftteams/sip-gateway-plan.

Dan untuk kali ini, saya akan coba setup, dengan ip phone Yealink T21P E2 yang saya pinjam dari Svarakom.

Yealink SIP-T21P E2 - Dual-line Entry level IP phone - Voice Communication  | Yealink

IP Phone ini sangat mudah didapatkan di lokapasar seperti Tokopedia atau Bukalapak dengan kisaran harga mulai dari Rp 250.000 sampai dengan Rp 400.000.

Persiapan akun Microsoft Teams

Akun yang hendak digunakan untuk perangkat IP Phone dapat berupa akun Microsoft Teams dengan Phone System yang EnterpriseVocenya sudah diaktifkan, dan diassign nomor telepon DID. Jika akun tanpa DID (misal karena menggunakan CallerID Policy yang mencantumkan nomor telepon resource account), maka IP phone tidak akan dapat aktif, walaupun sudah disambungkan ke akun MSTeams dan diautentikasi dengan Pair Code.

Jadi pastikan akun disetel dengan perintah, misal:

Set-CsUser -Identity user@domain.tld -EnterpriseVoiceEnabled $true -HostedVoiceMail $true -OnpremLineURI tel:+622139701234

Opsi lain, dapat menggunakan akun common area phone.

Persiapan IP Phone Yealink T21P E2

Sesuai dengan petunjuk yang dapat dibaca di dokumentasi Microsoft, per tulisan ini, versi firmware IP Phone yang direkomendasikan adalah 52.84.0.140.

Firmware dapat diunduh dari laman Yealink, dan cara pemutakhiran dapat diikuti sesuai dengan petunjuk buku panduan penggunaan perangkat.

Setelah firmware sudah sesuai, lakukan Reset to Factory untuk mengosongkan konfigurasi perangkat dari setelan sebelumnya. Tekan tombol yang ada di tab Settings > Upgrade > Reset to Factory, dan tunggu beberapa saat sampai perangkat siap kembali.

Setelah berhasil, asumsi perangkat mendapatkan IP address di LAN melalui DHCP, masuk ke halaman login web IP phone (default username dan password adalah admin/admin), lalu pilih tab Settings > Auto Provision lalu di isian Server URL, isikan dengan salah satu alamat URL dari daftar berikut ini:

  • Area EMEA (Europe, the Middle East, and Africa): http://emea.ipp.sdg.teams.microsoft.com
  • Area Americas : http: http://noam.ipp.sdg.teams.microsoft.com
  • APAC (Asia Pacific): http://apac.ipp.sdg.teams.microsoft.com

Dalam contoh kali ini saya akan memilih APAC:

Setelah itu klik Confirm dan klik Auto Provision Now di bagian bawah laman. Setelah klik Auto Provision Now, muncul pop up yang memastikan apakah akan dilakukan autoprovision sekarang, klik OK.

Perangkat akan booting beberapa kali (untuk tipe ini boot sebanyak 2 kali). Setelah selesai, maka secara otomatis di dalam setelan Account akan muncul seperti berikut:

Persiapan di Portal Admin Microsoft Teams

Masuk ke portal admin Teams di https://admin.teams.microsoft.com. Dan pastikan menu SIP devices sudah muncul di bawah menu Teams devices di panel menu sebelah kiri layar.

Jika belum, dari panel menu sebelah kiri, pilih Voice > Calling policies. Lalu di tabel Manage policies pilih Global (Org-wide default). Lalu pastikan di bagian SIP devices can be used for calls disetel ke On.

Di sini kita juga dapat membuat policy baru, tapi untuk kemudahan dalam mencoba, kali ini kita gunakan policy Global terlebih dahulu.

Berikutnya dari menu panel sebelah kiri, pilih Teams devices > SIP devices dan di pojok kanan atas, klik tulisan Actions > + Provision devices. Di bawah tulisan Waiting on activation klik Add MAC addresses manually, yang akan memunculkan laci menu di layar sebelah kanan. Isikan mac address IP Phone di bawah isian MAC Address, dan tulisakan lokasi perangkat di bawah Location. Di halaman Provision devices di dalam tabel Waiting on activation, pilih device yang barusan kita tambahkan, lalu klik Generate verification code yang akan menghasilkan 6 digit kode untuk enroll perangkat.

Lalu di perangkat IP Phone, tekan/dial *55* diikuti 6 digit verification code sesuai tabel di atas. Misal: *55*841234. Jika berhasil, telepon akan memberikan tone dalam kualitas HD sebanyak 2 kali, lalu kembali ke layar semula, kali ini dengan menu baru di layar bertuliskan Sign-in. Tekan menu Sign-in pada perangkat telepon, yang akan memunculkan 9 char Pair Code.

Buka laman https://microsoft.com/devicelogin, dan isikan Pair Code tersebut ke laman, lalu klik Next

di laman berikutnya pilih akun yang akan digunakan untuk perangkat IP phone ini. Saya pilih akun email kerja saya yang sudah diaktifkan EnterpriseVoice-nya, lalu klik Continue.

Tunggu beberapa saat, jika tidak ada kendala, perangkat IP phone akan muncul nomor DID sesuai dengan yang disematkan di akun MSTeams yang digunakan. Jika dilakukan test panggilan inbound, maka client MSTeams baik yang di gawai maupun IP Phone akan berdering bersamaan.

Jika ingin Sign-out dari perangkat tersebut, tekan button Sign-out yang telah disediakan di layar utama IP phone tersebut.

Keterbatasan SIP Phone

Walaupun dapat digunakan untuk mengirimkan dan menerima panggilan Microsoft Teams, SIP phone hanya memiliki fungsionalitas yang terbatas, dan tidak semua fitur panggilan Microsoft Teams dapat dinikmati. SIP phone untuk Microsoft Teams dapat melakukan fitur panggilan antara lain:

  • Mengirimkan dan menerima panggilan ke PSTN.
  • Multiple simultaneous calls, yaitu dapat melakukan hold call dan menerima panggilan lain. Selain itu juga dapat mengkonferensikan dua panggilan sekaligus.
  • Fitur DND (Do Not Disturb).
  • Melakukan Hold/Resume panggilan. Melakukan mute/unmute panggilan.
  • Dapat digunakan menerima voicemail.
  • MWI (Message Waiting Indicator), berupa notifikasi jika ada pesan suara (voicemail) baru.
  • Sign-in dan Sign-out akun. Jika hendak meninggalkan meja kantor, atau sedang berada di co-working space, maka kita ingin dapat dengan mudah menggunakan perangkat telepon yang ada, dan mematikan akun kita jika hendak meninggalkan lokasi.
  • DTMF (Dual Tone Multi Frequency). Pengguna SIP phone dapat berinteraksi dengan IVR lain melaui DTMF. (Misal, callcenter Bank, operator, dll).
  • Teams meeting dengan mendial ke nomor conference. Saat ini SIP phone tidak akan mendapatkan alert jika diundang ke sebuah conference.
  • Call transfers, baik blind transfer maupun attended transfer.
  • Local Call Forwarding. Perangkat SIP dapat disetel untuk melakukan callforward.

Bandingkan fitur di atas dengan fitur Microsoft Teams certified IP Phone, yang memiliki jauh lebih banyak kemampuan untuk mengakses semua fitur-fitur panggilan, calendar, user delegation, hot desking, video dan lain sebagainya.

Pranala luar

Leave a Comment

Your email address will not be published.