Fax via Elastix

Mesin fax tidak akan hilang dalam waktu dekat. Walaupun sekarang penggunaan email dan document sharing sudah umum dan banyak di mana-mana, tapi fax masih memegang peranan penting di ceruk tertentu. Dunia hukum masih memandang bukti fax jauh lebih kuat dibandingkan email. Jadi, sudah wajar kalau kita yang berkecimpung di dunia VoIP/IP PBX untuk meluangkan waktu belajar setup fax. Berikut ini adalah contoh setup fax yang pernah saya lakukan.

 

SKENARIO

Sebuah perusahaan memiliki 6 line PSTN, 5 diantaranya hunting, dan satu line untuk fax. IP PBX yang mereka gunakan adalah distro Elastix (Asterisk based), dengan perangkat analog card OpenVOX 8 FXO port. Untuk setup Elastix dan deteksi card tidak akan saya bahas di sini karena saya dulu sudah pernah membahas. Asumsinya mesin IP PBX Elastix sudah terinstall dan card analog sudah disetup dengan baik. Outbound dan inbound call juga sudah disetup untuk line hunting. Sedangkan untuk line fax akan saya bahas di bawah.

Penggunaan fax di Elastix di sini dalah untuk mengurangi penggunaan kertas dalam penerimaan dan pengiriman fax. Untuk penerimaan, fax akan diterima sebagai attachment .pdf atau .tiff yang kemudian diforward ke email. Sedangkan untuk pengiriman, fax akan diupload dari webGUI Elastix sebagai attachment .pdf atau .tiff.

Karena pada dasarnya memiliki 6 jalur PSTN, jalur ini bisa dimanfaatkan untuk mengirim fax sekaligus jika sedang tidak digunakan. Header fax bisa disetting untuk tetap seperti terkirim dari nomer fax asli. Sedangkan untuk menerima fax hanya bisa dilakukan dari nomer fax resmi perusahaan yang dicantumkan di web atau di kartu nama.

 

SETUP

Fax Inbound

Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, fax diterima dalam bentuk email dan disebarkan ke pihak yang memiliki wewenang menerima fax. Karena email yang menerima fax hanya bisa satu, maka perlu dibuatkan email alias yang didalamnya tidak ada inbox, hanya forward ke beberapa email yang berkepentingan. Misal dalam fax@perusahaan.com yang diforward ke hrd@perusahaan.org, manajemen@perusahaan.org, dst. Lalu selanjutnya:

  • Edit file /etc/asterisk/dahdi-channels.conf. Ubah semua context menjadi from-dahdi. Hal ini supaya kita bisa menambahkan inbound route dengan filter nomer DID. Restart service dengan perintah linux console: amportal stop; service dahdi stop; sleep 10 ; service dahdi start; sleep 5 ; amportal start
  • Untuk line fax, port yang digunakan dalah skenario di atas adalah port FXO nomer 6 dengan nomer (misal) 027411223344. Masuk ke menu webGUI Elastix, pilih PBX -> PBX Configurations -> DAHDI Channel DIDs -> Add Channel. Isikan:

Channel: 6

Description: Fax Line

DID: 027411223344

  • Klik Submit Changes.
  • Pilih menu PBX -> PBX Configurations -> Extensions. Di bagian menu pulldown Device pilih Generic IAX2 Device. Klik Submit.
  • Isikan konfiguratsi eksensi sebagai berikut:

User Extension: 1319

Display Name: Fax Line

secret: r4h4514

Klik Submit.

  • Buat Virtual Fax dengan memilih tab Fax -> New Virtual Fax dan isikan sebagai berikut:

Virtual Fax Name: Fax Line

Associated email: fax@perusahaan.com

 Caller ID Name: PT Perusahaan

Caller ID Number: +6227411223344

Fax Extension (IAX): 1319

Secret (IAX): r4h4514

C0untry Code: 62

Area Code: 274

  • Klik Save.
  • Masuk ke menu Unembedded FreePBX (untuk mengaktifkannya tidak akan saya bahas di sini karena sudah pernah saya posting sebelumnya). Masuk ke menu Application -> Extensions. Pilih extension 1319 lalu pada halam konfigurasi ekstensi tersebut, di opsi Fax beri tanda centang di opsi Enabled.
  • Di opsi Fax Email masukkan alamat email yang sudah disetup untuk menerima fax. Dalam contoh ini fax@perusahaan.com.
  • Di opsi Attachment Format pilih both.
  • Klik Submit lalu klik Apply Config. Tutup halaman Unembbeded FreePBX.
  • Pilih menu PBX -> PBX Configurations -> Inbound Routes -> Add Incoming Route. Isikan sebagai berikut:

Description: Fax

DID Number: 027411223344

Set Destination: Extensions -> Fax Line <1319>

  • Klik Submit lalu klik Apply Config.

Fax Outbound

  • Pilih menu PBX -> PBX Configuration -> Outbound  Routes -> Add Route. Isikan sebagai berikut:

Route Name: FAX Outbound

Dial pattern that will use this Routes: Fax outbound

Trunk Sequence for Matched Routes :

trunk fax

  • Klik Submit Changes lalu klik Apply Config.

Pada contoh di atas, semua trunk dimanfaatkan untuk mengirim fax. Untuk output hasil fax semuanya akan nampak seperti dari nomer fax utama perusahaan karena pada saat setup Virtual Fax, semua Caller ID Number disetup menjadi nomer telepon fax kantor.

TEST KIRIM FAX

  • Masuk ke menu Fax -> Virtual Fax -> Send Fax.
  • Di menu pulldown Fax Device pilih Virtual Fax dengan ekstensi 1319 seperti yang sudah kita buat sebelumnya.
  • Di isian Destination fax numbers isikan nomer fax tujuan. Nomer fax tujuan bisa lebih dari satu dengan dipisahkan tanda koma. Tapi harap diperhatikan jumlah line telpon yang akan digunakan. Tidak seperti email yang bisa mengirim ke beberapa tujuan sekaligus tanpa masalah, line fax harus mendial satu per satu nomer telepon tujuan dan prosesnya cukup panjang. Jadi ada baiknya destinasi tetap satu nomer saja.
  • Untuk muatan fax, kita bisa memilih text saja atau dengan mengupload file dokumen dengan ekstensi .pdf atau .tiff. Jika hanya ingin mengirimkan text, pilih button radio Text Information, lalu isikan pesan pada kotak yang sudah disediakan dan terakhir klik Send. Untuk
  • Untuk upload file dokumen, pilih button radio File Upload. Di bagian Select the files to FAX, klik Choose File untuk browse lokasi file yang hendak diupload. Jika sudah, klik Send.

Selamat mencoba!

2 thoughts on “Fax via Elastix

  1. Untuk skenario Elastix – ONT – ATA – Fax konvensional apakah pernah di bahas sebelumnya?
    Karena saat ini saya sedang ada kendala dengan Fax konvensional yang tidak bisa keluar ataupun terima data. Dengan menggunakan skenario di atas. Thanks.

    • Halo sori baru balas,

      Jika via IP, protokol fax yang digunakan sebaiknya T38. Jadi dari Fax dan ATA, ATA disetting sebagai T38 gateway, sehingga fax masuk dari mesin fax yang menggunakan T30 akan dikonversi ke T38. Jadi kalau digambar Elastix (T38) < ----> ONT < -----> (T38) ATA (T30) < ------> (T30)Fax Konvensional.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes:

<a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>