[tips] Problem DTMF Cisco SPA8800 Ke Asterisk

Ada beberapa kejadian, ketika Asterisk menerima panggilan dari VoIP gateway seperti SPA8800 yang diarahkan ke IVR, sering kali tidak bisa menekan menu IVR (menekan digit menu IVR). Ini biasanya disebabkan oleh DTMF method antara VoIP gateway dengan Asterisk yang berbeda. Untuk mengatasinya, ubah DTMF TX method dari Auto (setting default) ke INFO

 

Setup Elastix dengan OpenVox VS-GW1600

$_35

 

Baru-baru ini didaulat untuk mengiintegraskian IP PBX Elastix sebuah kantor dengan OpenVox VS-GW1600-8G VoxStack 8 Port GSM Gateway. VoxStack ini merupakan GSM gateway berbasis Asterisk juga dengan kemudahan pengaturan menu inbound/outbound call, LCR, trunking, peering dst. Ukuran box sebesar 1U rack mount dengan 6 slot module yang bisa diisi dengan module yang berbeda (GSM, ethernet, FXO/FXS), bahkan mixed. Berikut adalah cara penyambungan VoxStack sebagai PLMN gateway untuk Elastix:

 Asumsi

  • ip address untuk VoxStack adalah 192.168.33.3
  • ip address untuk Elastix IP PBX adalah 192.168.33.2
  • Gateway VoxStack melakukan registrasi ke Elastix.

Setup Sisi Elastix IP PBX

  • Edit file /etc/asterisk/sip_custom.conf dengan menambahkan baris berikut:

[voxstack]
deny=0.0.0.0/0.0.0.0
context=from-internal
username=voxstack
secret=voxstack
type=friend
port=5060
host=dynamic
permit=0.0.0.0/0.0.0.0
qualify=yes
canreinvite=no
insecure=port,invite

  • Tambahkan konfigurasti Trunk dengan nama (misal) VoxStack. Lalu tambahkan Peer Details seperti berikut:

001

  • Ketika klik Submit, Elastix akan menyarankan menambahkan Outbound Route untuk panggilan melalui trunk ini. Tambahkan Outbound Routes dengan nama (misal) VoxStack, yang isi Dial Patterns dan Trunk Sequence seperti berikut:

002

Dial Pattern diatas dibuat dengan asumsi trunk ini hanya akan dipakai untuk melakukan panggilan ke network selular saja, yang kebetulan di Indonesia hampir semua berawalan 08 atau +628.

Setup VoxStack

  • Login ke VoxStack lalu klik System -> Status untuk mengetahui daftar nomer port dan operator seperti berikut:

003

Di sini tampak VoxStack memiliki dua module GSM port dengan masing-masing module berisi 4 slot GSM. Masing-masing slot GSM akan menampilkan nama carrier seperti di atas, sehingga kita bisa mengarahkan panggilan ke sesama operator yang (diharapkan) akan jauh lebih murah dibandingkan panggilan lintas operator. Setelah mencatat lokasi port dan nama carrier masing-masing slot GSM, maka lanjutkan dengan mebuat SIP endpoint.

  • Pilih menu SIP -> SIP Endpoints -> Add New SIP Endpoint. Isikan credential sesuai dengan yang kita tambahkan pada sip_custom.conf di Elastix IP PBX sebelumnya.

004

Pada menu pull down Registration pilih “This gateway registers with the endpoint”. Isikan User Name dan Password seperti yang telah ditambahkan di sip_custom.conf. Sedangkan Hostname or IP Address adalah ip address Elastix IP PBX (sesuai dengan persiapan sebelumnya, ip address Elastix adalah 192.168.33.2). Klik Save dan Apply.

  • Selanjut nya masuk ke menu Routing -> Groups -> New Group. Dalam contoh di sini kita akan membuat 5 buah group dengan setting seperti berikut:

005

Masing-masing group terdiri dari dua slot GSM dengan operator yang sama. Tujuannya adalah untuk mempermudah pengaturan routing call keluar. Setelah selesai klik Save dan Apply.

  • Pilih menu Call Routing Rules -> New Call Routing. Di sini kita akan mengatur panggilan ke masing-masing nomer operator dan juga panggilan masuk dari semua operator. Pada contoh pertama kita akan membuat Call Routing bernama OutBoundXL yang akan mengatur semua panggilan ke nomer-nomer XL.

Routing Name: OutBoundXL

Call comes in From: (menu drop down, pilih elastix). Nama ini kita peroleh ketika melakukan setting SIP endpoint.

Send Call Through: (menu drop down, pilih XL). Nama ini kita peroleh ketika kita membuat Group port GSM.

Lalu untuk dial pattern yang sesuai dengan nomer XL bisa dilihat dalam contoh berikut:

006

Untuk dial pattern menggunakan aturan Asterisk tidak akan saya bahas di sini karena bisa di baca di http://www.voip-info.org/wiki/view/Asterisk+Dialplan+Patterns.

Untuk keseluruhan Call Routing Rules ketika semua operator ditambahkan akan seperti ini:

007

Untuk rule nomer 5, semua panggilan masuk dari semua operator (group ALLGSM) akan diarahkan ke SIP Endpoint Elastix.

Test Setup

  • Untuk mengetahui apakan gateway VoxStack sudah teregistrasi ke Elastix bisa dengan memasuki console Asterisk (asterisk -vr) lalu jalankan perintah: sip show peer voxstack atau cukup dengan sip show peers. Jika berhasil akan muncul :
voxstack/voxstack         192.168.33.3                             D  Yes        Yes         A  5060     OK (2 ms)
  • Register ke salah satu ekstensi Elastix PBX dan lakukan panggilan ke nomer GSM.