[tips] CallPickup

Pernah menemui kejadian seperti berikut?

Pada saat jam istirahat, atau beberapa kolega sedang ada rapat/pertemuan bulanan, kita menemui banyak meja kantor yang kosong. Beberapa meja terdapat ip phone yang kadang lupa diset DND (Do Not Disturb), sehingga ketika ada panggilan masuk, telepon akan tetap berdering. Lalu kebetulan kita sedang berada di ruangan yang sama, hanya saja letak pesawat telepon yang berdering agak jauh dari meja kita, sehingga harus berjalan dulu menuju ke meja tersebut untuk mengangkat telepon (bagi kantor yang menganggap semua panggilan masuk cukup penting), untuk sekedar memberitahukan orang yang dituju belum datang atau sedang ada keperluan ke luar.Itu sebabnya diperlukan call pickup. Ada dua jenis call pickup, yaitu call pickup biasa dan direct call pickup.

Call pickup biasa bisa diakses dengan menekan tombol *8 tanpa harus mengetahui nomer ekstensi mana yang sedang berdering, selama nomer ekstensi tersebut berada di dalam satu group call pickup.

Direct call pickup bisa diakses dengan menekan **<nomer ekstensi>, apabila kita sudah tau nomer ekstensi yang sedang berdering, atau jika ada lebih dari satu nomer ekstensi yang berdering saat kantor kosong, dan kita ingin memilih menerima telpon dari salah satu nomer yang berdering. Misal nomer ekstensi lain yang sedang berdering adalah 101, untuk melakukan direct call pickup, cukup menekan **101.

Supaya kita bisa melakukan call pickup, pertama harus ditentukan terlebih dahulu ekstensi-ekstensi mana saja yang boleh dipickup, kemudian jadikan satu group. Hal ini untuk menghindari kejadian bila kita hendak call pickup sebuah nomer ekstensi yang sedang berdering dengan kode *8, tapi tanpa sepengetahuan kita, ternyata telepon di kantor CEO juga sedang berdering, sehingga bisa alih-alih pickup ekstensi yang ada di dekat kita, malah ekstensi CEO yang kita pickup, atau departemen lain.

Masuk ke menu PBX -> PBX Configuration -> Extensions lalu pilih ekstensi yang hendak dijadikan satu group. Pada halaman tersebut di bagian callgroup dan pickupgroup masukkan nomer group, misal 1. Klik Submit setelah itu, lalu ulangi dengan ekstensi lain yang hendak dijadikan satu group. Setelah selesai klik Apply Config.

Pastikan setting berjalan dengan melakukan test.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *