[Tips] Dialplan Untuk Pak Boss

Latar Belakang

Ceritanya, di sebuah instansi, terdapat 5 orang direktur yang masing-masing memiliki sekretaris sendiri. Para direktur ini tidak mau nomer bisa didial langsung dari IVR maupun dari ekstensi selain ekstensi masing-masing sekretarisnya. Jika ada yang mendial nomer ekstensi salah satu direktur, jika bukan dari ekstensi sekretarisnya, maka panggilan akan terlebih dahulu diarahkan ke nomer ekstensi sekretarisnya, baru kemudian bisa ditransfer ke nomer direktur tersebut.

Caranya?

Berikut ini adalah cara yang sudah saya coba di distro Asterisk. Di dalam distro tersebut, secara default semua ekstensi masuk ke context from-internal. Untuk nomer ekstensi sekretaris dan direktur, saya masukkan semua sebagai context tersebut. Selain itu, saya buatkan context khusus supaya tidak bisa melakukan panggilan langsung ke nomer ekstensi direktur. Sebelumnya saya pernah membuat script untuk memblokir panggilan keluar dengan nama context from-internal-restricted yang bisa dibaca di https://www.otakudang.org/?p=300 . Kali ini saya akan mengembangkan context tersebut untuk memblokir panggilan langsung ke ekstensi tertentu dan membelokkan ke ekstensi lain.

Dalam contoh ini, nomer ekstensi direktur (misal) 6666 dan nomer sekretaris adalah (misal) 6015. Edit context from-internal-restricted (yang sudah include dengan script restricted.sh) menjadi seperti berikut:

[from-internal-restricted]
 #exec /var/lib/asterisk/bin/restricted.sh
 exten => 6666,1,NoOp()
 same => n,GotoIf($[${CALLERID(num)} = 6015]?dial1:dial2)
 same => n(dial1),Dial(SIP/6666)
 same => n,Hangup()
 same => n(dial2),Dial(SIP/6105)
 same => n,Hangup()

Arti dari dialplan di atas adalah, jika caller id penelpon adalah 6015 (nomer ekstensi sekretaris), maka rule dial1 yang akan dieksekusi, yaitu mendial SIP/6666 nomer ekstensi direktur). Jika nomer penelpon bukan nomer ekstensi sekretaris (6015), maka rule dial2 yang akan dieksekusi, yaitu mendial SIP/6015 (nomer ekstensi sekretaris).

Selamat mencoba!

[tips] Problem DTMF Cisco SPA8800 Ke Asterisk

Ada beberapa kejadian, ketika Asterisk menerima panggilan dari VoIP gateway seperti SPA8800 yang diarahkan ke IVR, sering kali tidak bisa menekan menu IVR (menekan digit menu IVR). Ini biasanya disebabkan oleh DTMF method antara VoIP gateway dengan Asterisk yang berbeda. Untuk mengatasinya, ubah DTMF TX method dari Auto (setting default) ke INFO

 

[tips] Rotate File Call Recording Di IP PBX

Salah satu fasilitas IP PBX yang sering banget diminta pelanggan adalah Recording. Recording digunakan untuk menyimpan percakapan dalam format audio file (biasanya dalam bentuk .wav). Tapi, jika file-file ini disimpan juga dalam kurun waktu yang panjang, semakin lama penggunaan ruang penyimpanan pun bakal bengkak. Akhirnya harus diputuskan berapa lama sebuah file akan tetap di simpan. Yang paling sering sih sekitar 3 bulan atau 90 hari (pukul rata). Jadi sistem IP PBX harus bisa mendeteksi umur file tersebut jika sudah masuk 90 hari ke atas, akan otomatis dihapus.

Jika menggunakan Asterisk based IP PBX, file audio tersebut berada di dalam direktori /var/spool/asterisk/monitor.

Untuk melakukan kegiatan rutin di atas, kita bisa menjalankan perintah cron (misal setiap jam 01:15, dini hari):

~# crontab -e

...
15 1 * * * find /var/spool/asterisk/monitor/ -type f -mtime +90 -exec rm -f {} \; >/dev/null 2>&1
...

Selamat mencoba.