Pengumuman Dukungan MSTeams Direct Routing SBA untuk IP Phone

Jadi beberapa waktu lalu ada kebutuhan untuk SBC Direct Routing yang mendukung SBA (Survivable Branch Appliance). Hanya saja dokumentasi per tanggal tersebut masih mengatakan bahwa Teams client yang didukung baru MS Windows dan MacOS client. Padahal di remote site tersebut mengharapkan adanya pesawat telepon desktop yang dapat memanfaatkan SBA.

dan ternyata baru-baru ini ada pengumuman dari Microsoft mengenai dukungan SBA ke perangkat IP phone yang bisa disimak di tautan berikut:

https://techcommunity.microsoft.com/t5/microsoft-teams-blog/what-s-new-in-microsoft-teams-may-2021/ba-p/2391927

Walaupun pengumuman perangkat yang mendukung fitur baru ini belum ada, dalam waktu 1 atau 2 bulan ke depan diharapkan akan ada rilis firmware IP phone untuk fitur SBA ini. Jadi bersiap saja.

RibbonCommunications SWelite SBA

Produk yang sering banget berkeliaran di kantor salah sekiannya brand RibbonCommunications (atau dikenal juga Sonus). Kebetulan di produksi juga ada SWe (SoftWare edition) SBC carrier class untuk melayani hosted Direct Routing. Selain edisi besar, ada juga edisi enterprise versi virtual juga yang disebut SWelite, yang juga dapat ditambahkan fitur SBA

yang dapat dibaca lebih lanjut di laman:

https://ribboncommunications.com/products/service-provider-products/cloud-and-edge/session-border-controllers/session-border-controllers-edge-virtual-and-cloud

pemilihan penggunaan software/virtual SBC ini sebenarnya tergantung jenis sambungan telepon yang ada di situs pengguna. Kebanyaka pengguna yang membutuhkan SBA ini adalah pelanggan yang berlokasi di daerah dengan layanan internet minimal. Lokasi yang cukup jauh dari perkotaan juga menyebabkan layanan internet yang bagus menjadi mahal sekali, sehingga untuk menekan biaya, jaringan internet yang digunakan pun dengan harga yang masuk akal bagi pengguna. Sehingga kemungkinan pengguna berlangganan SIP trunk ke penyelenggara layanan di lokasi sangat kecil kemungkinannya. Yang paling sering terjadi, sambungan telepon berupa jaringan analog dengan konektor RJ11. Jika demikian, appliance perangkat keras dengan port FXO atau ISDN lebih bermanfaat, walaupun untuk versi virtual juga dimungkinkan dengan tambahan perangkat media gateway. Tapi jadi dua kali kerja kan?

AudioCodes Virtual DR-SBA

Sehubungan dengan fitur SBA di atas, baru-baru ini AudioCodes juga merilis SBA versi virtual yang dapat dideploy di VMware dan Hyper-V, sehingga tidak harus beli appliance perangat keras. Di laman AudiCodes yang bisa diakses di tautan:

https://www.audiocodes.com/solutions-products/products/products-for-microsoft-365/direct-routing-survivable-branch-appliances

dapat dilihat tabel perbandingan untuk appliance perangkat keras dengan versi virtualnya:

Semua produk SBA AudioCodes dapat dilihat sebagai berikut :

Jadi bagi pengguna yang sudah memiliki investasi virtualisasi server di lokasi, dapat memanfaatkan produk ini untuk kemudahan deployment, dan untuk menghindari kunjungan ke datacenter memasang perangkat di situasi pandemi yang angka penularannya melonjak sampai dengan 15000 kasus lebih per-hari seperti sekarang.

Pranala luar

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *