Membatasi panggilan pengguna MSTeams Direct Routing ke kode area tertentu

Latar belakang

Ada permintaan dari sebuah perusahaan yang sudah menggunakan MSTeams Direct Routing untuk membatasi panggilan pengguna MSTeams Phone System di kantor cabang Lampung supaya hanya bisa melakukan panggilan ke seluruh kode area Lampung saja (yang menurut wikipedia, ada 9 kode area: 0721 s/d 0729), dan tidak memperbolehkan panggilan ke nomer selular.

Cara konfigurasi

Sebenarnya ada banyak cara yang dapat dilakukan. Jika ngobrol sama rekan-rekan kerja, ada yang suka menggunakan dialplan, ada juga yang lebih nyaman melakukan di level VoiceRoute. Tapi kali ini saya akan menggunakan PSTNUsages. Jadi cara apa pun ndak masalah yang penting tujuan utama tercapai, yaitu membatasi panggilan hanya ke seluruh kode area wilayah Lampung.

Langkah awal adalah membuat kompartemen PSTNUsage untuk menampung semua OnlineVoiceRoute untuk wilayah Lampung (semua perintah dijalankan via powershell:

PS> Set-CsOnlinePstnUsage -Identity Global -Usage @{Add="Lokal_Lampung"}

Setelah kompartemen dibuat, berikutnya adalah menentukan number pattern melalui OnlineVoiceRoute:

PS> CsOnlineVoiceRoute -Identity "Lokal_Lampung072X" -NumberPattern "^072[1-9](\d{5,})$" -OnlinePstnGatewayList sbc.directrouting.tld -OnlinePstnUsages Lokal_Lampung

PS> CsOnlineVoiceRoute -Identity "Lokal_Lampung+62" -NumberPattern "^\+6272[1-9](\d{5,})$" -OnlinePstnGatewayList sbc.directrouting.tld -OnlinePstnUsages Lokal_Lampung

Saya membuat dua pattern yang satu berawalan 0 dan satunya berawalan +62. Biasanya, pengguna yang melakukan panggilan dengan menekan numpad ke kode area, akan menggunakan awalan 0, sedangkan untuk panggilan dari phonebook, call history, dst, kadang ada awalan +62.

Setelah kedua VoiceRoute di atas tersimpan dalam satu PSTNUsage Lokal_Lampung, berikutnya kita buat VoiceRoutingPolicy seperti berikut:

PS> New-CsOnlineVoiceRoutingPolicy -Identity "Lokal_Lampung" -OnlinePstnUsages Lokal_Lampung

Jika kita memiliki lebih dari satu PSTNUsage bisa ditambahkan juga di baris atas dengan pemisah koma. Misal saya sudah pernah membuat PSTNUsage untuk panggilan emergency, dan saya beri nama Emergency, maka bisa ditambahkan sebagai berikut:

PS> New-CsOnlineVoiceRoutingPolicy -Identity "Lokal_Lampung" -OnlinePstnUsages Lokal_Lampung, Emergency

Jika tidak ada error yang muncul, maka sematkan policy dengan nama (kebetulan sama) “Lokal_Lampung” di atas ke pengguna, misal seperti berikut:

PS> Grant-CsOnlineVoiceRoutingPolicy -Identity "user@directrouting.tld" -PolicyName Lokal_Lampung

Selamat mencoba.

Pranala luar

  • https://docs.microsoft.com/en-us/powershell/module/skype/new-csonlinevoiceroutingpolicy
  • https://docs.microsoft.com/en-us/powershell/module/skype/set-csonlinepstnusage

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *