FreeConferenceCall.Com: Alternatif Rapat/Konferensi Daring.

Sepertinya sudah banyak yang membahas aplikasi untuk rapat/konferensi daring seperti Zoom, Webex, Microsoft Teams, Google Meet, dan lain sebagainya. Masing-masing memiliki kelebihan dan kekurangan. Selalu ada fitur yang terdapat di satu aplikasi yang tidak ada di aplikasi lainnya, dan sebaliknya. Tidak semua aplikasi-aplikasi tersebut dapat memenuhi keperluan rapat daring kita dengan ketentuan yang berbeda satu sama lain. Tapi selalu ada alternatif.

Saya akan membahas salah satu aplikasi rapat/konferensi daring yang bisa digunakan sepanjanang Kerja Dari Rumah yang ditetapkan pemerintah selama pandemi korona.

Adalah FreeConferenceCall, sebuah layanan conference call atau rapat/konferensi daring yang dapat dinikmati secara gratis. Kita bisa mendapatkan aplikasinya di Google Playstore dan Apple App Store. Selain itu ada juga versi desktop (per tulisan ini) untuk Windows PC, Linux (saya sudah coba di Linux Ubuntu 18.04 LTS), dan juga MacOS. Kita bisa mendaftar dengan gratis dan dengan mudah memulai rapat/konferensi daring.

Kelebihan lainnya, FreeConferenceCall menyediakan dial-in, agar peserta yang bergabung dari PSTN dapat melakukan panggilan ke ruang virtual rapat daring. Nomer dial-in sudah mencakup banyak negara, termasuk Indonesia seperti yang dicantumkan di lamannya.

Nomer dial-in yang disediakan di Indonesia adalah nomer PSTN dengan kode wilayah Jakarta:

(021) 39702915

*** Untuk dial-in kode negara Indoneisa, FreeConferenceCall bekerja sama dengan Ofon.

yang nantinya akan diikuti oleh identitas ruang virtual rapat/konferensi dan kode akses, sebagai pembeda identitas ruang dan autentikasi.

Selain itu disediakan juga akses dial-in dengan kode negara lain yang ditampilkan di aplikasinya, seperti contoh berikut:

Saat ini untuk layanan dial-out tidak disediakan. Sehingga peserta rapat yang tidak memiliki akses internet dan tidak memiliki aplikasi, harus melakukan dial-in ke nomer-nomer di atas.

Lalu bagaimana cara menggunakannya?

WINDOWS PC

Aplikasi FreeConferenceCall untuk Windows PC bisa diunduh dari pranala berikut:

https://www.freeconferencecall.com/download?localization=en&platform=win

Setelah terunduh dan terpasang di Windows PC (dan tentunya sudah mendaftar akun baru di layanan tersebut), klik ikon FreeConferenceCall yang kemudian akan membawa ke menu utama untuk memilih menjadi peserta atau penyelenggara rapat daring:

Kali ini kita akan mencoba menjadi penyelenggara rapat daring dengan memilih Host.

Layar berikutnya akan menampilkan informasi ruang rapat daring, nomer telepon untuk dial-in, identitas ruang rapat virtual, dan kode akses untuk peserta yang hendak bergabung dari PSTN.

Karena sebagai penyelenggara dengan menggunakan PC, pilih menu Computer audio sebagai media suaranya.

Layar berikutnya nampak seperti berikut:

Untuk menambahkan/mengundang peserta lain yang mungkin telah memasang aplikasi FreeConferenceCall, klik Invite pada halaman tersebut, yang kemudian akan memunculkan pilihan bagaimana kita hendak mengirimkan undangan. Pilihan pertama adalah Copy to clipboard, yang menyalin informasi cara bergabung, untuk kemudian bisa disalin-rekat ke aplikasi lain misal WhatsApp, Telegram, SMS, IRC, surel dan lain sebagainya. Pilihan kedua adalah Invite by email yang memungkinkan kita mengundang melalui surel.

Contoh hasil salin-rekat:

Dial-in number (ID): (021) 39702915
Access code: 865679#
International dial-in numbers: https://fccdl.in/i/gabrielwishnu5
Online meeting ID: gabrielwishnu5
Join the online meeting: https://join.freeconferencecall.com/gabrielwishnu5

Untuk undangan melalui menu Invite by email akan memanggil aplikasi penulis surel bawaan. Dalam contoh ini, aplikasi secara otomatis memanggil Outlook untuk mengirimkan surel:

Berikutnya saya akan coba bergabung ke rapat di atas dari gawai Android.

ANDROID

Setelah memasang aplikasi dari Google PlayStore, jalankan dan masukkan informasi cara bergabung seperti di atas:

di aplikasi tersebut pili Join new meeting

Lalu masukkan informasi untuk bergabung seperti yang tertera di undangan:

Dial-in number (ID): (021) 39702915
Access code: 865679#
International dial-in numbers: https://fccdl.in/i/gabrielwishnu5
Online meeting ID: gabrielwishnu5
Join the online meeting: https://join.freeconferencecall.com/gabrielwishnu5

atau cara lain, jika informasi di atas didapat dari email, maka tautan yang ada di dalam informasi tersebut bisa langsung diklik dan akan memanggil aplikasi FreeConferenceCall untuk bergabung ke rapat daring yang telah dibuat.

Kali ini kita akan memasukkan sendiri identitas rapat (Meeting ID) yaitu: gabrielwishnu5 lalu klik Join.

Layar berikutnya akan menampilkan dua pilihan sebelum bergabung. Yang pertama Call In, yaitu bergabung melalui panggilan PSTN. Disebutkan juga di bawah menu tersebut bahwa pilihan ini paling bagus untuk rapat yang hanya membutuhkan komunikasi suara saja. Bagaimanapun komunikasi suara di jaringan PSTN jauh lebih jernih dan stabil dibandingkan VoIP. Hanya saja kita tidak dapat melakukan panggilan gambar dan melakukan screensharing.

Pilihan kedua adalah Call In Using WiFi or Data. Pilihan ini cocok untuk panggilan video dan juga screensharing.

Dalam contoh di sini saya akan memilih Call In Using WiFi or Data untuk mencoba screensharing.

Setelah bergabung, saya dapat melihat peserta meeting (yang kebetulan saya sendiri juga):

Test screensharing dari sisi Windows PC dengan memilih menu Share di layar utama, lalu muncul menu aplikasi yang berjalan di Windows yang hendak dibagikan. Pilih Power Point Slide Show yang kebetulan sudah dijalankan, dan klik Start sharing:

Dari tangkapan layar gawai tampak mendatar seperti berikut:

BERGABUNG DARI PSTN

Cara berikutnya untuk bergabung adalah melalui panggilan telepon biasa (PSTN). Mari kita perhatikan kembali tangkap layar undangan:

Dial-in number (ID): (021) 39702915
Access code: 865679#
International dial-in numbers: https://fccdl.in/i/gabrielwishnu5
Online meeting ID: gabrielwishnu5
Join the online meeting: https://join.freeconferencecall.com/gabrielwishnu5
  • Dial ke nomer 021 3970 2915
  • Setelah terdengar IVR, masukkan kode akses (865679#)

Dari sisi penyelenggara, daftar peserta akan muncul pengguna yang bergabung dari PSTN seperti berikut:

Selama rapat/konferensi daring, kita dapat melakukan recording (rekaman). Kapasitas yang disediakan sebesar 1GB per akun. Berkas rekaman dapat diunduh agar ruang penyimpanan dapat digunakan untuk menyimpan rekaman berikutnya. Berkas rekaman dapat juga dikirimkan melalui surel.

Pada saat rapat daring selesai, akan muncul laman yang memberitahukan pranala rekaman.

Selain itu rekaman juga dapat diakses dari laman utama FreeConferenceCall. Log masuk ke akun kita, lalu pilih History & Recordings

di laman berikutnya kita dapat melihat daftar rekaman yang pernah kita buat, dan kapasitas penyimpanan yang telah dipakai.

Seperti yang telah disebutkan, kapasitas maksimal yang disediakan gratis sebesar 1GB. Jika kita memerlukan tambahan kapasitas, dapat dilakukan melalui tautan Buy More.

FASILITAS TAMBAHAN

Daftar fasilitas tambahan yang dapat kita peroleh dengan tambahan biaya dapat di lihat di daftar berikut (per tanggal tulisan ini):

DONASI

Walaupun layanan ini bisa digunakan gratis, FreeConferenceCall menyediakan tautan bagi yang ingin berdonasi.

Di halaman aplikasi terdapat tautan bertuliskan Help Us Provide Free Communications. Klik tautan tersebut untuk melakukan kontribusi/donasi:

Cukup mudah bukan?

Selamat mencoba, selamat beraktifitas di rumah, sehat selalu!

Tautan:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *