Microsoft Teams Chat Bubbles

Jika mengikuti Roadmap Microsoft, baru-baru ini ada pengumuman di Roadmap ID 65948 yang bakal dirollout per akhir Juli 2021 ini, yaitu fitur chat bubbles ketika sedang konferensi video. Selama ini jika kita konferensi video di MSTeams, lalu ingin menambahkan informasi di dalam diskusi (misal tautan/pranala, atau mengkoreksi informasi yang disampaikan pembicara, dan lain sebagainya), peserta harus repot-repot membuka jendela chat terlebih dahulu untuk mengetik maupun membaca percakapan. Rencananya dengan chat bubbles ini, apa yang kita ketik di chat ketika orang lain sedang bicara akan muncul sebagai bubbles di jendela video wajah kita dari perspektif orang lain, yang kira-kira bakal seperti ini:

Chat bubbles

Jangan sampai dibuat ngomentarin orang lain yang ada di dalam pertemuan tersebut ya? Baik-baik jaga chat nya atau bakal malu keceplosan dilihat orang banyak. Lebih sial lagi jika ada yang sempat membuat tangkapan layar.

Fitur ini katanya bisa diaktifkan dengan menu elpisis di kanan atas, lalu ada pilihan Don’t show chat bubbles

Chat bubbles

ya kira-kira tujuannya untuk menghindarkan kejadian memalukan seperti yang dibahas di atas, jadi sebaiknya fitur tersebut dimatikan sama sekali.

Saya belum tau pasti seberapa membantunya fitur ini di pertemuan-pertemuan selanjutnya. Bisa jadi cukup membantu, atau bahkan bisa jadi menyebalkan, apalagi kalo berhadapan dengan netijen +62 wkwkwkwkwkw….

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *